Perpustakaan mini di rumah, Sumber: hearstapps.com

6 Tips Membuat Perpustakaan Mini di Rumah, Kegiatan Membaca Terasa Menyenangkan

Memiliki perpustakaan mini di rumah menjadi idaman bagi setiap orang. Selain sebagai tempat menyimpan buku, banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sana. Misalnya meluangkan waktu untuk membaca buku, baik sendiri maupun bersama anggota keluarga kesayangan. Perpustakaan mini di rumah bisa menjadi tempat yang cocok untuk berkumpul bersama keluarga.

Tips Membuat Perpustakaan Mini di Rumah

Kadang orang berpikir memiliki perpustakaan mini di rumah itu mustahil. Tak hanya membutuhkan buku-buku, memiliki perpustakaan mini untuk anak juga membutuhkan ruangan tersendiri. Kami sajikan beberapa tips untuk merancang desain perpustakaan mini di rumah. Dengan tips ini, Anda bisa mulai merencanakan perpustakaan yang diimpikan di rumah. 

1. Jika Tidak Ada Ruangan Khusus, Gunakan Salah Satu Sisi Dinding di Rumah

Manfaatkan rak yang diletakkan menempel ke dinding, Sumber: shelterness.com
Manfaatkan rak yang diletakkan menempel ke dinding, Sumber: shelterness.com

Idealnya, merancang perpustakaan mini di rumah membutuhkan sebuah ruangan khusus. Dengan menyediakan ruangan khusus itu, Anda bisa mengatur beberapa furniture esensial. Misalnya, rak buku, kursi atau sofa, meja kecil, dan semacamnya. Namun Anda juga bisa merancang sebuah perpustakaan mini dengan salah satu sisi dinding di ruangan Anda tersebut. Kok bisa?

Tentu saja bisa, salah satu dinding di rumah akan sangat membantu. Misalnya dinding di ruang tamu, dapur, atau ruang keluarga. Anda bisa menggantungkan rak buku di sana. Jika koleksi buku cukup banyak, pakailah rak buku yang besar. Kemudian Anda bisa meletakkan beberapa buku yang biasa Anda baca di sana.

2. Sediakan Tempat Duduk yang Nyaman

Sofa nyaman untuk perpustakaan mini di rumah, Sumber: hearstapps.com
Sofa nyaman untuk perpustakaan mini di rumah, Sumber: hearstapps.com

Perpustakaan mini akan semakin sempurna dengan tempat duduk terbaik. Pilihlah tempat duduk terbaik sesuai dengan kondisi perpustakaan mini untuk anak Anda. Jika perpustakaan mini yang Anda inginkan adalah sebuah ruangan tersendiri, maka Anda bisa menata banyak furniture di sini. Misalnya sebuah sofa, sebuah meja kopi kecil, dan kursi duduk yang nyaman.

Namun akan sedikit berbeda jika perpustakaan mini tersebut berada di rak dinding salah satu ruangan. Jika demikian, maka Anda bisa gunakan furniture terdekat yang ada di ruangan tersebut. Cukup ambil buku yang akan Anda baca, lalu duduklah di kursi meja makan, atau kursi ruang tamu, atau bantal di ruang keluarga.

3. Tak Ada Ruang, Lorong Rumah pun Jadi

Perpustakaan mini di lorong rumah, Sumber: draftingcafe.com
Perpustakaan mini di lorong rumah, Sumber: draftingcafe.com

Anda ingin memiliki sebuah ruangan membaca dan menyimpan buku, namun tidak ada ruangan kosong di rumah. Kemudian juga tidak ada dinding kosong untuk menggantung rak buku, hanya ada lorong-lorong yang menghubungkan ruangan ke ruangan. Jika begitu, apa yang bisa Anda lakukan? Tentu saja memanfaatkan lorong-lorong tersebut untuk menerapkan desain perpustakaan mini yang menarik.

Bagaimana caranya? Anda bisa menggunakan beberapa rak buku gantung. Lalu lakukan instalasi di bagian yang cukup tinggi. Gunakan rak-rak buku gantung ini untuk menutup semua bagian dinding. Jika tidak cukup, Anda bisa menginstal rak-rak buku di bagian yang tinggi saja. Meriahkan dekorasi dengan warna-warna yang cerah.

4. Kurangi Risiko Lupa Ambil Buku dengan Tata Buku Sesuai Kategori Tertentu

Susun buku agar mudah dicari, Sumber: hearstapps.com
Susun buku agar mudah dicari, Sumber: hearstapps.com

Memiliki perpustakaan mini di rumah memang menyenangkan. Apalagi jika Anda memiliki banyak koleksi buku. Kadang saking banyaknya, bisa jadi anda lupa meletakkan buku. Sehingga buku tercecer di mana-mana. Atau Anda bisa saja sulit menemukannya jika akan meminjamkan ke orang lain. Lalu bagaimana solusinya?

Anda bisa menata buku dengan kategori tertentu di perpustakaan yang ada di rumah. Misalnya buku dari pengarang yang sama, atau menata buku berdasarkan urutan abjad judul maupun sesuai penulisnya. 

Selain itu Anda juga bisa menata buku berdasarkan warna sampul buku. Bisa juga menata buku berdasarkan ketebalan dan ukuran buku. Pengkategorian tersebut memudahkan Anda menemukan buku.

5. Tingkatkan Pencahayaan

Perhatikan pencahayaan, Sumber: shopify.com
Perhatikan pencahayaan, Sumber: shopify.com

Sebagai ruangan yang penuh dengan buku, ada kalanya perpustakaan mini yang ada di rumah kelihatan gelap. Kontras dengan fungsinya sebagai ruang baca, ruang baca tentu saja membutuhkan banyak cahaya. Jika pencahayaan di perpustakaan tersebut tidak baik, maka risikonya ada di kesehatan mata Anda. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Anda bisa meningkatkan kualitas pencahayaan di perpustakaan mini tersebut. Untuk menimbulkan kesan luas dan terang, Anda bisa menggunakan warna-warna netral. Misalnya putih, abu-abu, muda atau warna-warna pastel. Tambahkan pencahayaan dengan lampu baca, lampu gantung, atau memiliki jendela dan ventilasi yang baik.

6. Sempurnakan dengan Furniture-Furniture Terbaik

Hias ruang perpustakaan mini dengan furniture terbaik, Sumber: decoist.com
Hias ruang perpustakaan mini dengan furniture terbaik, Sumber: decoist.com

Rak buku menjadi poin utama untuk membuat perpustakaan mini di rumah. Sebenarnya memiliki rak buku bisa dianggap sebagai perpustakaan. Namun tidak ada salahnya Anda menambahkan beberapa furniture custom sebagai pelengkap. 

Misalnya saja seperti sofa, meja kecil, lampu gantung, jam dinding, dan karpet. Tidak harus semuanya, sedikit saja cukup asalkan fungsinya bisa dimaksimalkan.

Sebagai contoh, Anda ingin memiliki sofa yang ada di dalam perpustakaan rumah. Maka ukurlah sofa dan sesuaikan dengan ukuran ruangan. Lalu, letakkan sofa di depan rak buku. Bisa juga di belakang jendela. 

Dengan begitu, Anda bisa membaca tanpa merasa silau. Selain itu, jika Anda ingin menggunakan karpet, maka bisa disesuaikan juga dengan ukuran ruangan. Pilihlah motif dan bentuk yang sederhana. 

Perpustakaan mini di rumah akan menjadi tempat yang sangat menyenangkan di rumah. Anda bisa memiliki waktu “me time” dengan membaca buku di sini. Anda juga bisa membiasakan anak-anak untuk membaca buku. Semoga beberapa tips tadi bisa bermanfaat bagi Anda dalam merancang desain perpustakaan mini di rumah dengan desain terbaik. 

Untuk merealisasikannya, kadang Anda membutuhkan bantuan profesional untuk merancang desain perpustakaan sesuai dengan yang diinginkan. Jika Anda berada di wilayah Jogja dan sekitarnya, maka Anda bisa berkonsultasi dengan jasa interior Jogja untuk desain interior dan furniture rumah Anda. 

Salah satu jasa interior yang bisa Anda pilih adalah Modifico. Tim Modifico siap membantu Anda dengan layanan terbaik dan harga yang bersahabat. Sesuai saja dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *